E-commerce (perdagangan elektronik), adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transimisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet. Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya. Jenis – Jenis E-commerce adalah sebagai berikut :
1.
Business-to-Business
(B2B)
B2B
e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan
antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis
e-commerce ini. Umumnya e-commerce dengan jenis ini dilakukan dengan
menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email dalam proses pembelian
barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan
proposal bisnis. EDI (Electronic Data Interchange) adalah proses transfer data
yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem
komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik. Contoh website
e-commerce B2B adalah Bizzy dan Ralali.
2.
Business-to-Consumer
(B2C)
B2C
adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai
dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan
ritel tradisional. Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih
menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti. Jenis e-commerce ini
berkembang dengan sangat cepat karena adanya dukungan munculnya website serta
banyaknya toko virtual bahkan mal di internet yang menjual beragam kebutuhan
masyarakat. Beberapa website di Indonesia yang menerapkan e-commerce tipe ini
adalah Bhinneka, Berrybenka dan Tiket.com. Jenis e-commerce ini biasa digunakan
oleh penjual atau produsen yang serius menjalankan bisnis dan mengalokasikan
sumber daya untuk mengelola situs sendiri.
3.
Consumer-to-Consumer
(C2C)
C2C
merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau
jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang
menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut. Beberapa contoh
penerapan C2C dalam website di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak dan
Lamido. Disana penjual diperbolehkan langsung berjualan barang melalui website
yang telah ada. Namun ada juga website yang menerapkan jenis C2C dan
mengharuskan penjual terlebih dulu menyelesaikan proses verifikasi, seperti
Blanja dan Elevenia.
Ketika membangun sebuah web
e-commerce, search engine sangat berpengaruh dalam pemasaran toko online.
Banyak diantara pelanggan yang mencari produk yang mereka inginkan melalui
search engine seperti google atau Bing. Untuk meningkatkan penjualan produk
melalui situs, maka dibutuhkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization
adalah sebuah cara untuk mengoptimasi situs kita agar bisa lebih terlihat di
search engine. Manfaatnya dari SEO adalah Pengunjung di situs Anda semakin
banyak, Bisnispun tumbuh. Di dalam strategi SEO, ada dua hal penting yang harus
dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.
Dasar – dasar seo yang perlu diketahui yaitu Penggunaan Keyword, Internal
Links, Gunakan Template/Theme SEO Friendly.
Dalam sistem E-commerce terdapat dua lapisan yakni arsitektur teknis
dan transaksi bisnis, yang didasarkan pada arsitektur teknis itu sendiri.
Arsitektur teknis adalah dasar E-commerce. Arsitektur teknis terdiri dari
software dan hardware. Pada arsitektur teknis inilah mode bisnis dan strategi
pemasaran E-commerce dapat
direalisasikan. Cloud computing akan berpengaruh secara signifikan terhadap
arsitektur teknis E-commerce. Secara tradisional, perusahaan E-commerce harus membeli semua hardware dan software
yang diperlukan. Dengan platform
virtual pada cloud computing, perusahaan E-commerce dapat memilih dan menyewa produk dan jasa IT
berdasarkan permintaan sehingga dapat membangun arsitektur teknis. Selain itu
model "pay-as-service" yang sangat fleksibel, membantu perusahaan
E-commerce untuk membayar sumber daya
berdasarkan permintaan. Faktor kuat yang menyebabkan penerapan cloud computing
ke dalam strategi IT E-commerce adalah Permintaan, Efisien dan Kualitas.
COMMENTS